Prosedur Ganti Plat Nomor dan STNK 5 Tahunan

BERBAGI ADALAH INVESTASI YANG TIDAK TERNILAI

Oke bagi Agan2 sekalian disini saya mau share  gimana prosedur  memperpanjang STNK 5 Tahunan dan ganti plat nomor langsung saja kita ke TKP dijamin gampang.

ini pengalaman pribadi saya pada hari senin, 10 September 2012

yang harus di persiapkan adalah :

Bangun Pagi-pagi.

Berangkat (minimal jam 8 sudah di SAMSAT ” sesuai daerah masing-masing ” )

Sarapan sebelum berangkat ( biar kuat  kalau ngantri lama hahahaha :-)  )

Persayaratannya yg dibutuhkan :

1. Bawa motor ( pastinya kan mau ganti plat baru ) Nb: bukan ganti No plat yah, tapi cuma platnya saja dan masa berlaku plat tersebut.

2. Bawa BPKB ( ASLI ), STNK ( ASLI ) KTP ( ASLI sesuai yg tertera pada STNK )

3. fotocopy semua BPKB, STNK, KTP… ( difotocopy  saat di SAMSAT nya saja biasa di sebut BERKAS ) ” biasanya bayar  Rp. 4.000 “

4. Langsung antri di tempat CEK FISIK tempatnya bersebelahan dengan kantor SAMSAT nya ya seperti lapangan gitulah  pengalaman saya antri disini jam 9 udah RAME banget kira2 25 menit prosesnya pas lagi di CEK FISIK motornya pasti petugas minta berkasnya kasih deh terus nanti disuruh nunggu setelah dipanggil bayar deh Rp. 30.000 Berkas pun di Balikin ” dari artikel yang saya baca cek fisik bayar Rp. 5.000 tapi pas ane kgk ada bayar2 gitu alias GRATIS …TIS…TIS… ”

5. Lanjut saatnya ke Kantor SAMSAT nya ambil no Antrian terus nunggu dipanggil, pas dipanggil petugas biasanya minta tunjukin BPKB asli  nah kalo udah di balikin lagi deh… +- 15 menit

6. Sesuai no. Antrian tadi kita di panggil lagi sama petugas untuk bayar ( harga  sesuai sama  motornya masing2 )… +- 25 menit

7. Dipanggil lagi deh no.Antrianya disitu nanti dikasih deh STNK nya yg baru terus langsung suruh ke bagian PLAT NOMOR waktu saya sih tempatnya pas gerbang keluar … +- 40menit agak lama karena ganti STNK BARU…

8. ke pos Bagian PLAT NOMOR disitu serahin  SKPD dan STNK  disimpan setelah dipanggil nanti SKPD dibalikin dan PLAT NOMOR dikasih tapi ada biayanya Rp. 5.000

9. Bayar Parkiran  Rp. 2.000

10. PULANG……….

”  SEKIAN DARI SAYA SEMOGA POSTINGAN INI BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA … 🙂 “

Created by : R.Y.M

*NB: Jika masa Berlaku KTP sudah habis tgl exp maka dipastikan tidak bisa di proses oleh Samsat  alternatif lain bisa menggunakan SIM yang masih berlaku atau belum habis masanya.

421 thoughts on “Prosedur Ganti Plat Nomor dan STNK 5 Tahunan

  1. Pak Rohmat, ketika ganti stnk apakah nomor plat lama ikut diganti ke nomor baru , atau nomor lama tetap cuma masa berlaku yang berubah?

      • Mas mohon pencerahannya , kemarin gue ke kantor samsat dimakassar buat ganti plat motor gue tapi kok nomor plat gue juga diganti alasannya gue kagak boleh pakai nomor cantik , padahal waktu beli baru dikasi nomor itu dd 4441zs kalo memang kagak boleh pakai nomor cantik kenapa waktu baru beli dikasi yang gituan ???
        Pikiran gue mungkin mau dijual lagi kali ama pak polisinya biar dapat tambahan lagi , apa emang gitu ya.
        Mohon dibalas lewat email : rhindink_hal@yahoo.com

  2. kalo ga bawa motorny bisa ga?
    soalnya motorny dijawa n ngurus pajaknya dijambi ( mototr saya plat jambi)

    • @ Mas Aris : gk bisa karena Mas Karena motor tersebut harus dicheck fisik seperti check no rangka dan mesin sesuai apa tidak dengan STNK tsb,mungkin penjelasan ini yg saya bisa berikan (berdasarkan pengalam pribadi). *catatan : untuk mengurus Pajaknya saja itu gk perlu bawa motor cukup BPKB+Berkas Lengkap dan KTP ASLI sesuai STNK.

    • @Sue : yang pertama anda lakukan adalah mencari nama sesuai STNK tersebut kalau tidak ada ya anda harus Balik nama (kalo balik nama gk usah Ktp sesuai Stnk pun bisa )

  3. untuk area semarang sma gak gan prosedurnya.dan sebelum cek fisik apa harus ke ruang pendaftaran dulu apa langsung aja.

  4. maaf, mo nnya stnk saya kan baru saja di rampok, trus saya kan mau buat stnk lgi tapi kata ortu saya bkinnya platnya bakal sama saja… pdahal saya maunya gnti plat..
    mank klo bwt stnk lgi bisa sama kek plat dlu?
    trus harga bwt stnk kek dlu sama bwt stnk+plat baru sama atau kgk yah?
    trus kira” bth wktu brapa lama kalau saya bkin stnk kyk dlu dan brapa lama kalau bwt gnti stnk+plat baru?

    • @hydra : oh platnya tidak akan sama karena kan motor harus sesuai dengan STNK jadi kemungkinan besar agan akan buat STNK baru dan no plat baru no seadanya gk milih2 “kalo mau sesuai keinginan no plat itu mahal” kalo harga pengurusan baru dan brapa lamanya silahkan datang saja langsung ke SAMSAT bagian informasi kalo agan punya waktu luang kalo agan sibuk ya tinggal ke BIRO JASA…… Tq telah mengunjungi blog ini😀

  5. mas bro, STNK ne telat 1 th,,, ktane uddh bayr di biro tapi gak hasil dprpnjang
    .. Bulan nii udah ganti plat,, trus gimana itu😮

  6. Tadi saya tgl 9 September sudah proses 5 Tahunan tetapi selesai jadi STNK dan Platnomor nya tgl 9 jan dan 9 maret😦😦
    Apa betul proses jadi pembuatan STNK dan PLATNOMER segitu lama ?

  7. @angga ratino : waduh koq lama sekali gan waktu saya ngurus sih 1 hari selesai gak sampai selama itu coba agan tanyakan saja ke bagian informasi samsat daerah agan. Tq

    • @Andrea : wah gan saya sih belum pernah mengalami seperti yg agan tanyakan sepengetahuan saya no plat itu gk akan di ganti apalagi no cantik yg diganti cuma masa berlaku plat tsb. Adakah penjelasan dari pegawai samsatnya??

  8. Mas, apakah bisa tahun plat jadi mundur akibat mutasi antar daerah? Soalnya sy mau beli mobil bekas, katanya thun 2008. Pas dilihat platnya 2017. Harusnya 2018 yah.? Alasan si penjual karena habis mutasi plat dari prov A ke prov B. Apkh bisa sperti itu? Mhon pencerahannya, thanks

    • @rini : sepengetahuan saya sih no plat itu gk akan mundur mbak yang ada malah nambah coba saja mbak ke samsat terdekat disana bisa ditanyakan untuk lebih jelasnya di bagian informasi .😀

    • Bisa saja pada saat blm habis 5 tahunan (semisal baru 4 th masa berlaku plat) tp mobil trsbut balik nama, apalagi mutasi, maka tetap akan diperpanjang 5 tahunan, tapi berdasarkan pada tahun mutasi plat.
      Contoh : mobil th 2008 yg seharusnya habis di 2013, tetapi 2012 dimutasi, maka perpanjangan dihitung dr 2012 menjadi 2017, bukan menjadi 2018.
      #pengalaman pribadi

  9. Pak bisa cari tahu Bagaimana kalau no lama motor atau Mobil yg Sdh di jual masih pengen di pake….jadi mobile nya aja yg di jual! No platnya masih mau pake bisa tidak ya…..thanks

  10. kalo ane plat DK (Motor Bali) Bisa perpanjang STNK yg lima tahunan di Jakarta gak?? (motor masih dlm Kredit)
    moho infonya buat agan2 yg tau,,,

    • @Ojan Nasit bilamana ditempat agan ada samsat online itu bisa dilakukan tapi kalo tidak ada agan harus urus motor ke tempat sesuai STNK diterbitkan, untuk Prosedur Ganti Plat Nomor dan STNK 5 Tahunan itu dilakukan harus dengan membawa motor nya karena ada cek fisik kendaraan apabila masih dalam kredit prosedur tetep sama cuma sebagai ganti BPKB bisa diganti surat keterangan dari leasing. untuk lebih jelasnya silahkan datang ke samsat terdekat😀

  11. bos mau nanya kalo mau cek fisik motor saya tiger tapi udh ganti baju cb apakah akan jadi masalah saat cek fisik??mohon pencerahannya boss

    • @Sealid : sepengetahuan saya sih check fisik itu cuma gesek rangka dan mesin sama atau tidak dengan STNK nya perihal tentang udh ganti baju cb sih info bisa langsung datang aja ke samsat terdekat😀

  12. terimakasih mas atas tulisan blognya, sangat membantu ketika saya urus pajak plat motor 5 tahunan kemarin..

    cuma saya mau tanya, kmrn plat nomor yg baru tidak dikasih, karena alasan stock plat nya habis..mau balik ke samsat lagi entah kapan karena rumah jauh, kalo saya buat sendiri plat nomor dari pihak luar (dengan tahun/bulan yg sesuai dengan STNK tentunya), kira2 aman ga ya dipakai di jalan?

    • @Harison : kembali kasih gan memang tahun ini sedang kehabisan stock plat dan blanko BPKB menurut info sih 2014 barangnya baru ada, bisa2 saja gan sambil nunggu plat resmi jadi pake bikin sendiri, AMAN yg penting sesuai dengan STNK nya gan…

    • @Lani : Angka depan yang bisa anda pilih hanyalah angka 6 atau 3 (ini mengikuti kebijakan pemerintah setempat). Untuk lebih detailnya silahkan kunjungi ke samsat terdekat ..😀

  13. BOSS NANYA YA, MAU PERPANJANG STNK YG SDH MATI SEKALIAN MEMPERPANJANG PLAT NOMOR YG SDH MATI TAPI BPKB ASLI MASIH SEKOLAH CUMA ADA FOTOCOPYX APAKAH BISA???

  14. numpang nanya bro,.saya mau bayar pajak nunggak 5 tahun nggk bayar2 skalian ganti plat (selama beli baru nggk pernah bayar pajak,..jengkel ama koruptor plus malas ke samsat hehehehe😀 ) Kendaraan saya Daihatsu Xenia Li 2009 PKB nya Rp.1.140.000 SWDKLLJ Rp. 143.000 kira2 total keseluruhan yg harus saya bayar brp ya,..? (termasuk denda,& ganti plat),.trims sblumnya,..

  15. Pak, Motor saya plat AG (Kediri) dan di Jakarta. Apabila ganti plat (5 tahun), apakah bisa lewat samsat di Jakarta (Jakut) atau harus dibawa ke kediri (motornya)? Dengar dr temen dg kasus yg sama, dia minta samsat setempat (jakarta) utk cek nmr mesin dan dapat semacam surat, shg motor tdk perlu dibawa ke kota asal plat.
    Terima kasih

  16. Saya beli motor second, sdh 2tahun, skrang mau ganti plat..tpi copy KTP pemilik asal yg sesuai d STNK, mati…bisa gk ya…?? Mohon jwban.y….mksiiih…

    • @alzi : di balik nama aja pak biar leluasa nanti kalo bayar pajak tiap tahunnya atau klo ktp nya mati silahkan gunakan sim yg sesuai juga dengan stnk tsb

    • @Sofyan Gue Banggetz Fyan : klo ktpnya udah pindah gk sesuai stnk bisa pake SIM / untuk biaya balik nama sih kira2 600 ribuan untuk motor di bawah tahun 2006 atau datengin samsat terdekat gan untuk lebih rincinya Thanks…

  17. pak kalo saya mau perpajang 5 tahunan gmn???
    untuk persyaratan dah lengkap dah saya chek fisik sendiri itu dah bisa kan pak g perlu lagi di bawa k samsatnyaa…..????
    kira kira untuk biayanya habis berapa y pakkk???mkashhh
    mohon penjelasan????

  18. sy dr pontianak, pengen nanya, apakah ada perbedaan biaya ganti plat motor diseluruh indonesia? hari ini sy ngurus ganti plat , kena biaya rp. 80.000,-. tapi sy dkasih info teman, katanya, d sambas biaya ganti plat, cuma rp. 40.000,-. trus sy baca d blog sdr, biaya nya rp. 30.000,-. jadi yang betul yang mana ? thx ya infonya.

    • @Rrosalynn : sy belim pernah cuma ganti platnya saja tapi di STNK sudah tertera koq Biaya TNKB ya segitu (gk tau juga klo beda2 tiap wilayah) *silahkan ke samsat terdekat pak untuk lebih jelasnya😀

  19. Pak apakah thn mtor di plat no bisa nambah.. saya mau beli motor thn 2010 tp di no platnya 2016 kan seharusnya 2015.. katanya karna mutasi balik nama dri jakpus ketangerang… mohon dibantu penjelasannya…terimakasih

  20. waduh enak dan mudah serta murah ya…? tapi beda dg biro jasa saya di Pondok Ungu Permai Kel Bahagia, knp bisa mahal, ganti plat harus bayar 150 rb, belum lainnya padahal berkas2 ada.mhn penjelasan trims

    • @They Bingin Dot Sukses : gak ada sepengalaman saya itu saja sesuai yang saya posting ini…. rusak gimana ?? yang penting motornya ada platnya no mesin sesuai stnk dan tidak motor bodong (cuma batangan rangka doang)…

  21. motor sy absolute revo,
    tgl 4 april hbs masa berlaku plat nomer.
    Kira2 biayanya berapa ya pak?
    Dan apa bisa dbyr dlm waktu dkt ini.?

  22. pak, saya rencana pengen beli motor bekas di beda kota cuma masih satu provinsi, itu utk balik nama surat-surat apa saja yg harus saya bawa pak? kira2 berapa biayanya ya … ( dari nopol tangerang-banten balik nama ke nopol serang-banten) terima kasih sebelumnya.

    • kira2 gini pak klo biayanya saya kurang mengetahuinya silahkan bpk ke samsat terdekat untuk lebih detailnya
      1.KTP pemilik baru

      2.STNK

      3.BPKB

      4.Kwitansi jual beli
      *Jangan lupa untuk difoto copy

  23. mas numpang nanya nih,saya kan ada rencana mau bel motor bekas dikota Pontianak(kal-bar),tapi motornya msh pake plat B(jakarta),supaya gampang bayar pajaknya tuh gmn mas?mohon pencerahannya
    thx sebelumnya

  24. Bagaimana rincian bayar pajak kendaraan?apa tiap daerah beda-beda?
    Soalnya di khawatirkan terjadi penggelembungan oleh oknum samsat tak bertanggung jawab.di stnk tertulis sekitar 60an tp bayarnya bisa sampai 200an

    • @pak agus di STNK sudah tercantum pak bayarnya berapa2 ya klo dirasa janggal bisa di tanyakan ini biaya apa2nya mungkin itu yg saya ketahui untuk lebih jelas bisa ke samsat terdekat. Tq

    • @wildan : waktu oktober 2013 iya bener demikian, untuk info yang sekarang saya belum tau lagi silahkan bpk ke samsat terdekat untuk info jelasnya.. Thank you.

  25. mo nanya ni gan…klo mo perpanjang stnk + ganti plat..tpi ktp dah beda alamat gmna.d stnk ama bpkb ikut ktp DKI…sedangkan sekarang dah pke Ktp bekasi…Nama tetep sama..biaya brapa yaw..tlong bantu..gan

    • @feriyanto : klo data ktp itu harus sesuai sama stnk + bpkb juga mas klo gk sesuai gk bisa biasanya mungkin ini yg saya bisa jawab. untuk hal yg berkaitan dengan biaya dan lebih jelasnya silahkan datang langsung ke samsat terdekat.. Tq.

  26. pak, kalau saya punya mobil plat daerah, ingin perpanjang stnk di stnk keliling yang ada di jakarta bisa tidak ya? atau saya harus balik ke daerah saya untuk urus stnknya? ini bukan yang 5 tahunan. oh iya pak, bisa share lokasi samsat online yang ada di jakarta barat? terima kasih

    • @pak kaizerh : sepertinya sih bisa pak klo cuma pajak saja samsat online yg melayani 3 Provinsi (jakarta,banten,jabar) yg saya ketahui di BSD serpong pak klo untuk di JAKBAR saya gk tau pak..

  27. Saya mau nanya. Saya mau ganti plat 5 tahunan. Motor saya plat A serang banten. Sedangkan posisi saya d karawang. Kalau saya bawa motor trsebut k serang jauh bgt dan saya gak tau jalan. Gimana caranya?

  28. Mas Mau tanya plat sama stnk saya habis tanggal 11 mei 2014 apakah kalu membayar diatas tanggal 11 (1 – 10) akan memengaruhi jatuh tempo di tahun depan? misal saya bayar tanggal 1 apakah jadi tanggal 1 mei 2015 jatuh tempo nya??? terima kasihh ^^

    • @Sintia: tidak berpengaruh sama sekali akhir masa pajak tetap tanggal 11 mei juga biarpun membayar lebih awal tgl (1 – 10). jadi tempo tahun depannya di 11 mei juga😀

    • @Dian : totalnya saya kurang tau silahkan saja di bawa ke samsat langsung dan bawa dana 2x dari itu untuk2 jaga2 dari pada kurang anda balik lagi mending lebih iya gak..??

  29. Halo Mas

    Saya punya pertanyaan.. mohon dibantuuuu
    Saya kan lagi perpanjang pajak STNK di biro Jasa…. Memang pajaknya sudah mati 9 bulan, Dan kebetulan bulan juni besok sudah harus perpanjang plat nomer

    Menurut biro jasa itu saya gak bisa perpanjang pajak saya yang mati utk di tahun ini dan mereka menuntut harus sekalian cek fisik buat perpanjang plat nomer.

    emg gt ya

  30. mlm mas,mau nanya kalo bpkb atas nama orang tua,trus orang tua sudah meninggal.apakah mau gak mau harus balik nama atau bagaimana?kata teman gak balik nama tapi hibah apa bener begitu?klo bener gmn caranya?sekalian mau ganti plat,kira kira brapa biayanya? terima kasih,tlg dibls lwt email mas,biar cepet. kevinaldoputravery@gmail.com

  31. Mas,sy mau tanya.sy kan beli mtor second sebelum nya pajak 5 thnya sudah di byar oleh org pertama,tp plat barunya blm di kasih . Nah klo sy mau ambil plat itu kena biaya lg ga ?

  32. Permisi saya mau tanya bpkb saya di sekolahin,klo saya perpanjang stnk + ganti plat tapi pake fotocopyan bpkb n surat keterangan dr bank bisa ga?

    • @agus : mohon maaf pak sebelumnya saya belum mengetahui tentang biaya balik nama mobil soalnya pengalaman saya cuma urus motor pak silahkan bisa kunjungi samsat terdekat untuk info lebih detailnya😀

  33. Pak mau tanya dong, kalau saya mau pindahin nomer plat mobil saya yang lama ke mobil yang lain bagaimana ya? Karena saya waktu itu beli nomer dengan tanggal lahir anak saya, krn mobil mau dijual saya mau pindahkan ke mobil yang baru saya beli sekalian balik nama, syaratnya apa saja? Terimakasih

    • @aditya: bapak tinggal datang saja ke samsatnya, bawa persyaratannya seperti ktp asli bpkb asli ,atau untuk lebih detailnya masalah prosedur bisa di tanyakan ke samsat terdekat yah pak..

  34. saya mau tanya kalo pajak kendaraan mati 2 tahun sekalian mau ganti plat nomer juga.apa benar biayanya sampai 900 ribu lebih sedangkan di stnk cuma 176 ribu

    • @dika widyana : silahkan datang ke samsat terdekat yah untuk lebih jelas masalah biayanya, karena saya di sini hanya share tentang proses saja terima kasih.

  35. Eh gan, ane kemarin baru perpanjang STNK yang udah 5 tahunan, jdnya smpe 2019 gt, tp ane kok ga di kasih plat no baru kaya agan yah? mskdnya dengan tahun yang berbeda, padahal agan kan di kasih plat no baru ( no nya lama, tp tahunnya yang beda)

    • @arga : ini terjadi dari bulan 09/2013 karena plat di samsat kosong jadi sekarang sistemnya nunggu gan beberapa bulan sementara pake aja yg lama sambil nunggu yg baru yg penting pajaknya di STNK sudah di perpanjang maa berlakunya, kalo ane ngurus ini tahun 2012 jadi stock plat berlimpah hehehe

  36. Saya mau tanya :
    Bulan Februari 2014 saya coba ngurusin ganti plat nomor 5 tahunan dari tambun ke jaktim ke jasa pengurusan tapiperseorangan. Tapi sampai sekarang bulan Juli 2014 BPKB dan Plat No masih belum dikasikan kembali dengan alasan belum selesai, apa hal tersebut benar?

  37. Gan mau nanya nih..saya kan beli motor bekas,stnk sama plat uda abis..nah motor yang saya beli plat tasik sedangkan saya dibandung,saya mau hubungin pemilik pertama tapi udah gak tau keberadaannya..tolong kasih solusi gan..trims.

  38. Misi gan,ane punnya motor STNK doang, BPKBnya gak ada,dan saya punnya STNK dan berserta BPKBnya aja,motornya ilang, (beda motor,tapi masih satu jenis dan type) apakah bisa saya mengganti STNK dan BPKB dri motor satu ke motr satunya,mohon pencerhannya

  39. Selamat sore mas rohmat ysng bsik. Blognya bagus sekali. Sangat informatif dan membantu😀
    Saya mau bertanya sedikit nih hehe
    Saya mahasiswa asal magelang yang berkuliah di kampus di depok. Motor saya platnya plat Magelang dan posisinya ada di depok sekarang. Kalo seperti itu prosedur mengurus perpanjangannya bagaimana ya? Karena masa platnya sudah akan habis.
    Mohon dijawab via e-mail (tercantum di data) dan saya minta maaf apabila merepotkan. Terima kasih banyak🙂

  40. hari ini (07 Agustus 2014) saya perpanjang STNK tahunan dan lima tahunan, STNK dan SKPD sudah saya terima tapi plat nomor tidak terima, apakah ada langkah yang saya lewatkan

    • @ade irawan : prosedurnya sudah benar, yah memang untuk plat sendiri sementara tidak bisa di ambil lansung karena ketersedian stok plat nya jadi harus nunggu untuk berapa lamanya bisa di tanyakan ke samsatnya.

  41. Mas mau tanya, apakah bisa cek phisik mobil di samsat jakarta, karena mobilnya ada di jakarta, nanti bayar pajaknya di Palembang, karena masih plat daerah.

  42. Mohon bantuan penjelasan, mobil saya Tahun 2008, nomor polisi yang tercantum di bpkb tidak sama dengan di stnk, apakah karena pernah terjadi perubahan plat nomor tetapi tidak diganti di bpkb? apakah hal tersebut lazim terjadi? terima kasih banyak atas penjelasnnya.

  43. Mas mau nanya. Itu kan kalo mau ngurus harua cek fisik. Itu cek nya cuma nomor mesin sama nomor rangka doang ato gmana ? Coz, keadaan motor saya ban sama velk nya gak standar. Mohon balasannya. Terimakasih

  44. Mau nanya….mau ganti nomor plat 5 tahun motor mio soul….tp stnk sama bpkb asal dari maros soalnya bisa gak bikin di samsat makassar aja….terus motornya juga motor bekas…mau balik nama duluan atau gmana…apa prosedurnya….biaya total sama denda telat pajak 1 tahun….makasih

    • @nemo: bisa atau tidaknya itu tergantung dari mana asal samsat motor tersebut misal di samsat kota ya harus di samsat kota juga tidak bisa ke samsat kabupaten sebaliknya begitu, untuk prosedur pergantian plat 5 tahunan silahkan ikuti artikel seperti di atas, klo mau balik nama bisa sekaligus (bersamaan) dengan pergantian plat 5 tahunan, info lengkap bisa kunjungi samsat terdekat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini😀

  45. mau tanya,mohon pengetahuan teman” dong..
    tadi kan saya ngurus perpanjangan plat nomor 5 tahun kedepan..
    tapi pas selesai smua di suruh ambil semua pas 3 minggu lagi,tapi BPKB asli tinggal,trus di kasih kertas smentara penggantinya di buat malah ganti no polisinya.
    apa prosedur benar ya gan??
    atau apa yang keliru dalam pengurusan?
    mohon bantuan gan yg tau,kwatir juga ni..
    thanks..

  46. Mau nanya nih. Bpkb saya kan hilang. Jadi tiap mau bayar pajak saya kena denda gitu. Nah kali ini saya mau memperpanjang plat nomor. Apa wajib ada bpkbnya atau bisa tp kena denda kaya bayar pajak gitu. Mohon penerangannya Gan jawab ke email ini ya ekaake25 @gmail.com

  47. Saya pernah bayar pajak tanpa bpkb karna hilang dan dikenakan pajak. Nah kali ini saya sekalian mau ganti plat apa wajib ada bpkb atau bisa tapi kena denda kaya bayar pajak gitu aja ya ?

    • @ekapei : tanpa bpkb proses tidak bisa dilakukan *denda berlaku hanya karena telat bayar pajak bukan gk ada bpkb sekian dan terima kasih telah mengunjungi blog ini😀

  48. Barusan ganti plat, 10/2014

    Eh jebul nya ganti nopol juga, ganti bpkb juga, samsat balaraja, dari nopol B 30xx NEP ke B 6xxy GEP

    semua yg buntut plat nya Nxx ke Gxx

    Kata orang samsatnya itu plat B xxyy Nxx plat bsd, jadi harus ganti ke B xxyy Gxx

    Τauu gitu mah ngurus ke bsd aja, ga pake ganti nopol dan ganti bpkb, mana pending 1hari tuk platnya, trus 10hari buat bpkb baru nya (kena pungli 120rb diurus orang kasir samsat) atau urus sendiri ke polda katanya gretos😦

    Ya udah daripada ngeprot tak bayar aja tuh 120rb, 10hari lagi saya infoin mas

    Biaya lainnya mah sutandar,

    • @ bagus : untuk sekarang ini pengurusan plat berdasarkan alamat yg tertera di ktp misal di cikupa berati pengurusan nya di samsat balaraja dan apabila alamat di pamulang pengurusan di samsat bsd lain halnya untuk pembayaran pajak bisa dilakukan di samsat terdekat kota/kab/prov sesuai domisili juga yah …

  49. Gan mau tanya nih, saya mau perpanjang stnk
    no polisi karawang tetapi sekarang tinggal di semarang,
    kalau perpanjang di semarang apakah bisa dan bagaimana prosenya
    terimakasih..

  50. Mlm mas Rohmat, terima kasih atas infonya, bermanfaat sekali..
    Maaf, mau tanya, motor saya plat jogja, skrg ada di jakarta & masa berakhir plat sudah dekat.. kalau mau urus di jakarta bisa ga ya? mohon dibalas via email..
    Maaf merepotkan, terima kasih banyaaak..

  51. Assalammualaikum Bro, artikel dan tanya-jawabnya bagus. Saya mau tanya kalau urus pajak 2 tahun dan ganti plat no kendaraan karena sudah expired tapi alamat diktp sudah beda sama alamat yg distnk dan bpkb, bedanyasih gang+no rumah aja alamatnya tapi masih dalam satu wilayah, itu gimana bro? Trus biayanya total brp? Trus kalau mau ganti no plat 4 no tengah pilihan tidak trmasuk 3 huruf dibelakang berapa ya biayanya? Tolong balas keemail saya. Thanks Bro🙂 Assalammualaikum..

  52. mlm mas,mau nanya kalo bpkb atas nama orang tua,trus orang tua sudah meninggal.apakah mau gak mau harus balik nama atau bagaimana?kata teman gak balik nama tapi hibah apa bener begitu?klo bener gmn caranya?sekalian mau ganti plat,kira kira brapa biayanya? terima kasih,tlg dibls lwt email mas,biar cepet.

  53. selamat pagi pak, saya mau tanya

    plat motor saya sudah habis masa berlakunya (11.2014) trus saya pergi ke samsat untuk memperpanjang. setelah tiba di samsat, motor saya langsung di cek fisik dan disuruh fotokopi bpkb tetapi tidak dengan STNK. STNK saya masih ditahan di samsat katanya bisa diambil 3 hari lagi. setelah 3 hari saya pergi ke samsat, eh,ternyata belum slesai juga. terus saya tanya lagi, kapan saya bisa ambil STNK saya?? trus dia bilang tunggu 4 bulan lagi

    nah, yang jadi pertanyaan saya berapa lama proses untuk pembuatan STNK yang baru dan plat baru pada motor apakah sampai memakan waktu sampai 4 bulan???

    • @alfonso situmorang : waktu saya menulis artikel ini hari itu buat hari itu juga selesai, tapi per tahun 2013 awal untuk prosesnya saat ini memang lama, tapi selama proses tersebut biasanya diberikan alternatif misal skpd sementara…

  54. Assalamualaikum…
    blognya sangat informatif mas banyak memberikan masukan. Saya Lestari di bojonegoro mau tanya misalkan begini mas. Pada waktu ganti plat dan bayar pajak posisi saya diluar kota sehingga saya belum ganti plat dan bayar pajak. Selain itu pajak saya waktu itu juga telat 1 tahun. Jika terjadi hal seperti ini apakah yang harus saya lakukan? Mohon informasi dan masukannya.
    Terima kasih sebelumnya.
    Wassalamualaikum

    • @lestari : waalaikumsalam, segera lakukan pengurusan pajak dan plat tersebut klo mbaknya sibuk bisa gunakan birojasa untuk pengurusannya, thanks juga sudah berkunjung di blog ini😀

  55. maaf mas mau nanya bpkb saya atas nama orang tua, trus orang tua saya udah meninggal. bulan depan plat motor saya udah abis. mau nanya gmana cara ganti platnya? dokumen apa yg harus di bawa? apakah harus balik nama dulu? biayanya berapa? terima kasih. tlng di bls lewat email .tks

  56. Gan Gw mau Nanya. ini kan Gw mau byr STNK Tahunan Terus yg jd masaalah Gw mau bayarin SNTK Motor Kakak Saya dan itu pasti Pakai KTP kk gw tp kakak gw gk bisa datang buat bayar jd di wakilkan ke Gw gan tu masalah ngk ntar KTP yg bayar harus org yg bernama di STNK motor ato bisa di wakil kan ?

  57. Permisi gan, saya mau nanya .
    To the point aja ya gan.
    Gini gan, kan stnk saya hilang. Terus saya bingung mau ngurusin. Soalnya itu sepedah motor bukan punya saya pribadi. Itu speda motor punya orang, yg d gadai kan ke saya gan. Lah saya bingung cara mengatasi masalah ini gimana gan? Apakah saya k samsat langsung buat ngurusin stnk ini. Apa saya harus buat baru aja ya gan. Dan kalau boleh tau kira” habis berapa ya gan buat ngurusin stnk yg hilang itu? Dan berapa lama kah waktu yg di butuhkan buat ngurus itu semua gan. Terima kasih gan.

    Share pengalaman nya ya gan🙂 (y)

  58. gan moe nanya
    saya baru beli motor bekas…plat t.
    saya berada di garut (z)
    intinya supaya motor itu.
    atas nama sendiri gimana ya gan?
    Lagian si pemilik petama uda kagak ada.
    Berapa biaya yang harus saya keluarkan? *newbie

  59. @R.Y.M.: assllmalaikum….maaf pak saya mohon petunjuk…saya mau perpanjang plat nomor dan stnk tahunan, tapi KTP saya masa berlakunya habis, soalnya ktp saya mau perpanjang ribet ngga jadi2, bisa kah saya perpanjang plat no motor sama stnk dengan ktp yg masa berlakunya habis (atau ada alternatif lain misal pake sim atau apa gtu) thq tolong bls ke email: (URGENT) TERIMA KASIH BANYAK

    • @ SAEFUDIN : Walaikumsalam tidak bisa pak klo KTP sudah habis masa berlakunya tapi ada alternatif lain menggunakan SIM *(harus sama alamat dengan STNK).

  60. Saya mau brtanya, saya kan kmaren ganti plat, namun saya terakhir hnya dpat skpd, dan tdak dpat plat, tp masa berlaku smpai agustus, kalau skrang ngurus msih bisa kan?

  61. Mas, mohon pencerahan, Saya baru saja membeli mobil yaris tahun 2006 milik perusahaan. Plat nomor mobil D 1323 L diminta oleh perusahaan lalu saya akan diberikan plat nomor baru.
    Plat nomor yang baru sudah jadi, D 1192 PL dengan kode bulan 02 tahun 20. Karena ditetapkan pada 11 Feb 2015.
    Tapi di STNK tertera berlaku sampai 06 Sep 2016.
    Apakah ini nanti akan menjadi masalah di kemudian hari ketika ada razia kendaraan?
    Mengapa masa berlaku STNK hanya 1 tahun sedangkan plat nomor baru?

  62. Permisi gan, mau tanya, sy skrg tinggal d kalsel.mau pindah k tangerang. Mau mutasi mobil k tangerang, tp bpkb belum ada, karna msh kredit, d persyaratan klu ga salah d sertakan bpkb, itu bgaimana ya ga?mohon d balas k email, oriental_marquee0333@yahoo.com, terima ksh banyak gan

  63. Pagi mas. Saya punya motor piaggio, baru ngeh ternyata stnk atas nama pt. Syarat untuk balik nama nya apa yg perlu dibawa dan semisal tidak ada surat keterangan dari pt apakah motor saya masih bisa di urus? Tlg email saya ya mas. Jonnykwiek14@gmail.com terima kasih

  64. Bisa tidak mengurusnya di samsat kabupaten lain, di Luar kabupaten awal di mana motor tersebut keluar.. Misal motor Asal Selayar di perpanjang di Makassar.. Mohon pencerahannya

  65. Mas may Tanya to long di Bantu ya, saya mau beli Mobil bekas, Katanga ITU the 2012 tp di plat nya koq 2019 kan seharusnya 2017, alasannya pas balik nama stnk nya the 2014 JD plat nya berubah the juga jd 2019, terus kan bpkb nya dki karena Katanga beli Mobil di Jakarta terus stnk nya aka yg di mutasi Dan balik nama wilayah tanggerang tp bpkb nya masih ski blm mutasi tangerang, ITU masalah tidak ya?, terus saya rencananya klo jadi beli Mobil ITU may mutasi lg Dari daerah tangerang ke Jakarta, bpkb Dan stnk juga mau balik nama, apakah yg di mutasi Dan balik nama hanya stnk aja Dan plat no nanti berubah th lg di plat nya jadi 2020 karna says but di 2015?, Dan bpkb hanya balik nama saja g perlu mutasi karna bpkb nya masih ski, makasih MA’s mohon di Bantu ya

    • @nia : kalau memang masih 1 daerah gk harus mutasi bisa langsung balik nama saja, dan untuk masalah no plat itu paling bertambah 1 thn misal plat habis 2017 trus dibalik nama ya platnya namabah jadi habis di 2018 mungkin itu yg saya bisa jelaskan , info lebih detail silahkan kunjungi samsat yah Thanks BY -RYM

  66. saya habis perpanjang stnk 5 tahunan juga, anehnya paltnya langsung jadi tapi stnk-nya baru bisa diambil 3 bulan kemudian kenapa ya??? ane lupa nanya ke samsatnya….

  67. saya mau perpanjang pajak 5 tahunan nich mas, jtuh tempo nya tgl 29 ini, kbetulan tgl 29 itu hari minggu , klo saya bayar hari senin atau hari selasa nya kira2 berapa dendanya ya mas??

    • @ tina : bisa hari senin juga, untuk denda dihitung 2%/BULAN dari biaya pokok pajak motor yg tertera di stnk, sepengetahuan saya klo 3 hari setelah jatuh tempo masih belum denda tapi klo lebih dari 3 hari baru denda, mungkin itu yang saya bisa jelaskan terima kasih telah mengunjungi blog ini By-RYM😀

  68. gan…kalo untuk cek fisik saja perlu apa aja y?(cuman ada BPKP dan STNK tanpa KTP asli)….rencananya saya mau cek fisik pulang dulu cari KTP aslinya baru ngurus pajak dan STNK baru 5 tahun?…bisa gak y? terima kasih atas jawabannya…

  69. min, klo mau ganti plat tp blom abis masanya bisa gak? misal tanggal expirednya itu 22 juni 2015 trus dibulan Mei mau diganti bisa gak ya kira2.. mohon bantuannya🙂

  70. Min, tolong tanya misalnya plat saya berakhir tahun ini d tanggal 1 bulan 9 itu kalo lebih dari tanggal itu untuk proses perpanjangan brp hari ya?? Maksudnya kalo tidak sesuai dari tanggal habis nya berlaku motor..

  71. KTP itu syarat mutlak apa pelengkap saja? soalnya motor saya th 2004 sudah lama saya jual ternyata masih bisa ganti plat walau tanpa KTP asli saya (sudah saya cek ke Samsat setempat)…

  72. Bro total biaya buat semuanya hidupin plat pajak dan stnk brp? Soalnya aq ad di tarakan motor sama stnka sama bpkb di banjarmasin. Mau aq titip sama tanteku bukan sama atas nama punyaq bisa kh ya? Mksh byk bro infonya

  73. mau tanya mass
    saya mau perpanjang plat
    tetapi kaeana saya pindah rumah alamat di stnk dengan ktp sudah berbeda
    alamat SIM juga sudah sama dengan KTP
    bagaimana seharusnya?
    terima kasih

  74. Mas ane mau tnya. Neh gini critnya ane kan mau bli mobil second tahun 1992 sedan volvo. Tkp ny di palembang tp asal mobil ny plat jakarta. Nah pas liat no.pol di plat sma di bpkb ny beda. Di bpkb b.2xx zz. Tp di plat ny b.6xxx xx. Kok bs beda yya? Trus itu ngurus ny bs gk di plb apa harus ke kota asal tuh mobill… Mohon pencerahan ny terima kasih banyak….

  75. maaf pak saya mau tanya.klo mau balik nama tp beda kabupaten sedangkan plat nomor leternya msih sama contohnya R .apakah itu termasuk mutasi atau cuma balik nama.

  76. Saya baru beli motor bekas kmrn tgl 29 oktober 2015. Pada waktu transaksi penjual mengatakan bahwa pajaknya telat 2 tahun.
    Bulan dan tahun yg tertera pd plat nomor adalah 09-14.
    Stlh transsksi selesai dan tiba di rumah, saya baru mengecek secara detail stnk dan skpd. Ternyata tgl yg tercantum pd stnk dan skpd berbeda.
    Pada stnk berlaku sd: 28 sep 2104.
    Pada skpd berlaku sd: 28 sep 2011.
    Saya jadi bingung apakah saya telah ditipu oleh penjual.?
    Mohon penjelasan mengenai mslh ini, dan apa yg hrs sy lakukan.?
    Trimakasih.

  77. Mas klo KTP nya harus bawa asli ya.. Seumpama itu motor sy msh atas nama pemilik sebelumnya, apa harus bawa KTP asli pemilik sebelumny yg sesuai STNK atau bisa/boleh fotokopiny saja.. Makasih

  78. Pak, saat ini saya tinggal di Kota Surabaya, Motor atas nama saya dan plat surabaya
    Bulan depan rencana mau pindah ke Kota Jambi
    Pertanyaan 1 : Bisakah saya bayar pajak di Kota Jambi ?
    Pertanyaan 2 : 2 tahun lagi saya harus ganti plat, Bisakah dilakukan di jambi ? atau kalau memang harus di surabaya, haruskah saya membawa motor saya ke surabaya ? atau ada solusi yang lebih mudah, trims

    • @rahman : pertanyaaan yg pertama ; yg pernah saya ketahui itu klo ada samsat online bisa pak cuma terbatas pembayaran pajak saja pertanyaan kedua; bisa saja menggunakan pihak ketiga

  79. mf.
    sya mau nanya. sya blum pajak 2 thun. eh pas di liat udh 5 th
    sya kan mau perpanjang stnk tahunan plus plat. akan tetapi stnk asli ny ilang. bisa gk pke poto copy nya jj. gk harus bikin dlu. kan mau dapet yg baru ke 5 thun ny.
    tq

  80. Saya baru melakukan balik nama/mutasi kendaraan, platnya belum keluar padahal sudah hampir enam bulan, mohon solusinya pak, t5

  81. numpang nanya pak saya baru beli motor bekas. saya mau bawa ke maluku apa yg harus di urus untuk bisa bawah kesana sama ganti plat di sana

  82. Pak saya mau tanya,
    Saya baru beli mobil innova dan bayar pajak sampe bulan nov 2016,
    Akan tetapi plat kaleng nomer akan habis di 2017,
    Apakah bisa saya ganti plat kaleng untuk memperpanjang nya sampai 5 tahun kedepan ?
    Tanpa membayar pajak lagi,
    Karena saya baru bayar pajak sampe akhir tahun 2016 ini ?
    Mohon solusinya pak ?
    Terimakasih

  83. Maaf mau tanya, untuk perpanjangan plat motor bekas itu kalo mau balik nama itu harus ktp sesuai daerah atau boleh ktp sendiri ? saya asli bali tapi lagi kuliah di malang

  84. maaf mau tanya, untuk balik nama stnk itu harus ktp daerah yg sama (kabupaten malang) ya ? soalnya ktp di stnk saya itu daerah singosari, tumapel mau saya balik nama pake ktp temen saya yg orang karangploso

  85. bg saya mau tanya, kalau kita mau ngurus perpanjang plat motor, pajaknya masih hidup sampai september 2016 tp plat nya udah mati,trus kata pnjualnya ubah saja msa brlakunya tp sy lbih suka lngsung dr samsat.trus kalau kita balik nama bgaimna prosedure nya bg…

  86. mau tanya,,,perkiraan berapa total keseluruhan pajak motor saya yamaha jupiter mx2010 ,yang sudah mati pajak tertera 26 agustus 2012,dan sntk pun mati tertera 26 agustus 2015 .yah ganti plat nopol. untuk PKB=Rp.198.000 SWKDLLJ= Rp.67.000 jumlah Rp.265.000…..

  87. Halo, saya mau nanya. Plat saya Jakarta Timur.
    Nah, saya mau urus penggantian yg 5 tahunan ini harus di Jakarta Timur atau bisa di samsat Jakarta Barat?
    Karena ada yang bilang bisa di Jakarta Barat walau platnya Jakarta Timur.
    Mohon pencerahannya. Terima Kasih🙂

  88. Malam gan…..mau nanya ni….ane mau ganti plat dan stnk 5 tahunan….nah kebetulan motor nya plat jakarta d pakek d medan….nah yg punya motor lagi kerja di kapal laut…dia minta tolong perpanjang stnk n ganti plat….bpkb + stnk asli ada….tp ktp asli gak ada krn d bawa ama dia…yg ada fotocopynya aja…kira2 bisa gak ya palel fotocopy ktp ???

    Makasih atas bantuan nya gan

  89. Mas.sya mau tanya mau bayar pajak tpi mati 4th.skalian ganti plat..cuma ktp sya lgi d perpanjang belum jadi” gmna bisa gk

  90. Pak saya mau tanya, saya mau perpanjang stnk&plat nomer motor, tapi bpkb masih di leasing dan stnknya jug sh atas nama orang lain sblm saya krna blm balik nama, kira2 itu proses perpanjangnya gmna ya ? Apa hrus balik nama dlu atau bisa langsung tanpa bpkb ? Mohon bntuannya..
    Mkasih pak

    • @meydha : klo bpkb di leasing bisa minta surat pengantar bpkb di leasing tsb, nah klo stnk nama orang lain anda harus pinjam ktp yg tertera di stnk tsb , sebaiknya anda balik nama. tidak bisa langsung tanpa bpkb thx.

  91. Mau nanya dan mohon dibantu, STNK n Plat habis bulan Feb ini, saya mau melakukan pengurusan, alamat saya sekarang sudah berbeda dengan yang tertera di STNK & BPKP apakah akan ada masalah kalau kita gunakan alamat yang lama saja? Atau sebaiknya pakai KTP yang lama (saya masih pegang KTP lama)

    Terima kasih sebelumnya

  92. Yg di cek fisik di samsat nomor rangka motor. Apakah fisik warna kendaraan jg? Warna motor saya di cat airbrush biru warna-warni, di STNK tertulis warna biru saja. Apakah masih bisa di proses di samsat? Trmksih..

  93. Mas saya mau tanya : saya punya motor mio kebetulan harus ganti plat tahun 2016 ini pas di tanggal 1/1/2016, sementara ini sudah masuk bulan 2/2016, apakah ada denda mas, dan kebetulan motor saya ini BPKB nya di bank, bisa gak saya ganti plat sementara BPKBnya di bank, trus KTP saya sudah tidak sama dengan pembelian motor awal karena identitas udah ganti setelah menikah. mohon share nya mas, TQ

    • @elviani siregar: sudah kena denda klo lebih dari 1 bulan max 3 hari klo tdk mau denda, minta surat pengantar saja di bank tsb bahwasanya anda butuh untuk pengurusan pajak dan ganti plat, Tidak sama bagaimana KTP nya klo cuma status dari belum kawin jadi kawin gk masalah lain halnya kalo beda alamat atau beda nama😀 thx

  94. gan mau nanyak nih kalo mau memperpanjang stnk 5 tahunan itu mesti pake ktp asli dari pemilik bpkb ya ? soalnya sang pemilik lagi merantau keluar negeri
    mohon infonya gan trims

  95. bang bisa memperpanjang stnk 5 tahunan tanpa membawa ktp asli yang namanya sesuai di stnk atau bpkb tersebut
    1 lagi bang bisa balik nama tanpa ktp dari pemilik aslinya bang ?
    thanks before
    balas di email saya ya bang @jerrymuller10@yahoo.com

  96. Bang kan saya beli motornyaa diorang tpi saya tidak tau keberadaan orang itu,jdi bisa gak diperpanjang STNK/BG motor saya,Truss klo balik nama gimana cara nya
    Terima Kasihh Sebelumnya

  97. PAK saya mau tanya,,saya mau ganti plat tapi plat saya yang belakang hilang,,,apa nanti jadi masalah apa tidak saat proses ganti plat nomor,,,?

  98. Kang, klo KTP ny masih KTP sementara dan kita ganti dengan SIM ketika Mengajukan berkas ke SAMSat bisa kagak? Atau ad prosedur lainnya. Trima kasih mohon fast respon bntrlg udh mau bayar pajak nih kang

  99. Mas mau tanya kalo sya perpnjangan pajak 5 tahunan tp tanpa bpkb asli apakah bisa??tp untk fc nya ad…..

  100. gan ane mau ngisiin lagi ni pajak motor vespa yang ane beli dari pemilik sebelumnya cuman pajak sama kaleng nya udah mati pajak kelewat 4 th dari 2012 sama kaleng 2015 dan barang nya kan sudah keropos saya bangun lagi saya cet ulang saya elas yang keroposnya sampai saya cari2 no rangkanya saking kropos nya udah ga ada solusinya gimana iya gan bisa bantu ana ga dari berapa yang musti ana bayar sama gimana solusi no rangka saya nya udah kropos ini
    PKB = 34500
    SWDKLLJ = 67000
    ditunggu responnya dan solusinya gan terimakasih

  101. ganti plat itu harus berapa bulan/minggu sebelumnya ? misal motor saya habis masa berlakunya di juli 2016 apakah saya bisa datang ke samsat pada mei 2016 ?

    • @bugi : misal habisnya 30 juli 16 bisa di urus 2 minggu sebelumnya sekitar 15 juli 16 tapi klo habis di 2 juli tidak bisa urus di bulan mei 16 harus di bulan habisnya berlaku thx

  102. Mau tnya gan,kalau motor atas nama sendiri tapi nama pada E-KTP berbeda dengan stnk dan bpkb.nama yang sama dengan stnk dan bpkb ada di ktp lama.
    Contoh:
    Ktp lama:sopianadi
    Ktp baru;sopian adi
    Mohon pencerahannya gan.terimakasih.

  103. Mau tanya .
    Aku beli motor tahun kemarin atas nama kaka aku nahh bulan ini tuh 1 tahun . Niatnya mau balik nama jadi aku bisa ga yah meskipun baru 1 tahun

  104. pak saya mau nanya.. kan BPKB saya d Bank lagi d sekolahin hehehe.. Itu kalo Ga pake BPKB tap Pake pengajuan dr BANK kira2 bisa ga yah? mohon infonya,, Terimakasih😀

  105. permisi gan, sy mau nanya..
    kalau ngurus perpanjang stnk&plat bisa di samsat mana aja kan? yg penting 1 kota.. dan kira2 bayar perpanjang ymha mio telat 6 bulan totalnya berapa ya? trimsss

    • @marie: gk bisa dimana aja ada ketentuan misalnya samsat jakarta barat ya berati di samsat jakarta barat, klo biaya silahkan langsung ke samsatnya saja untuk lebih jelasnya thx

  106. Sore pak, mau tanya kl mau perpanjang pajak 5 tahun (nopol) diwakilkan bisa ga? Maksud nya motor tetap di bawa ke samsat dgn semua syarat nya itu tp yg punya motor tidak ikut

  107. KTP sy jaktim , klo sy beli motor plat nomornya depok atau jaksel, gmn prosedurnya. .? Gampang atau susah. Ataukah sy hrs beli plat jaktim jg biar tdk repot2. .tlg pencerahannya. Trimakasih.

  108. Pak sy mau pajak 5 tahunan tapi bpkb sy hilang.bs gak pak? Klo gak bs klo ada tilangan karena sy kena tilang jg karena gk byr pajak?

  109. Mau nany soal plat no perpnjang udh kir tpi plat no blum kluar jga kta ny suruh nunggu 1 thn. Apa gk bisa lebih cepat.

    Serang

  110. mas saya mau nanya..saya abis balik nama+ mutasi…motor beli 2013 abis pajak 5 tahunan nya 2018..pas di balik nama kok berubah di platnya jadi 21 (pajak habis di tahun 2021) kenapa bisa gitu ya mas..saya pake agen jasa..makasih sebelumnya

  111. Pak mau tanya..kemarin april 2016 sy beli mobil Avanza 2010..waktunya ganti plat adalah bln 10 Thun 2015.. Krn mati 6 bulan..akhirnya baru bayar di bulan April 2016..trus plat nomornya apa benar kalao tahunya jg ikut nambah jdi 10.2021..plat awalnya 10.2015.. Apa Krn telat itu jd nmbh setahun?? Kok bukan 10.2020

  112. bang plat motor saya hilang 1 dijakarta ,saya mau buat lagi apa pake bpkb atau keterangan hilang tapi bpkb ada di dealer belum lunas ,

    terus bisa langsung jadi ga plat nya

  113. Kalo saya pak kendaraan mobil mau bayar pajak tahunan mau skalian balik nama tapi kendaraan masih angsuran berjalan. Apakah bisa pak.. Trimksih
    Mhon di blz jwbannya ke email saya ya pak? astraezona@gmail.com

  114. Mas kalau memperpanjang stnk+ plat nomer 5 tahunan di samsat setelah segala sesuatunya beres! baik administrasi maupun pembayarannya…..( STNK yang baru+Plat Baru) udah kita terima , …. apakah BPKBnya yang Asli ditahan Samsat sampai lama….1 s/d 6…. bulan atau Langsung dikembalikan lagi ke kita hari itu juga ?
    T3rima kasih atas infonya.

  115. suami saya ingin ganti plat nomor tapi bukan di jakarta tapi di serang ..
    tapi samsat sana bilang tidak bisa dapet kalengy pda hari itu hrus menunggu 1thn .. memang ada peraturan baru yah pak .. setahu saya di jakarta tidak begitu..

  116. Selamat malam Gan.
    Mau nanyak Gan,Orang Tua saya kan mau kirim motor miliknya dari medan ke jakarta,jadi saya mau ganti plat nomor jakarta persyaratan ganti plat kan Gan,harus bawak ktp asli sesuai dengan stnk motor.
    Boleh gk Gan kalo ktp nya foto kopian aja,soalnya kan itu ktp punya bokap saya yg tinggal dimedan, masa harus kirim bolak-balik medan jakarta kan habisin ongkos gan,boleh gk gan kira”?

  117. Mas..
    mau nanya ??
    Plat motor saya kan DA 6xx0 U matinya 08.16..
    Terus STNK nya mati 23 Agustus 2016. yg mau saya tanyakan apakah batas terakhir pengurusan plat motor saya sama dengan batas terakhir pengurusan STNK

  118. Motor saya alamatnya Tangerang Kabupaten,saya mau bayar pajak 5thnan otomatis ganti plat nomor. Bayar nya bisa di semua samsat atau dimana gan.. Terimkasih🙂

  119. mohon ijin.begini pak,saya beli motor seken dan pajak stnk mati 4 tahun ini,terus plat nomor nya telat 3 tahun ini juga..terus ktp si pemilik yg ada di stnk trsbt itu gk tau kmn.dan si pemilik ke 2 pun tak tau,dan ktp saya pun ktp luar kota trsbt..bisa ga tuh pak?
    dan masalah biaya nya brp ya totalnya kira-kira untuk semuanya..?
    mohon jawabannya?

  120. pak saya mau tanya ..plat mobil saya kan tiga angka wilayah goa..katanya ada peraturan baru semua di rubah 4 angka dan ganti kode wilayah..dan jika tdk di ganti akan di kenakan biaya tambahan..mohon pencerahannya pak

  121. gan….BPKB ASLInya di gadai… mau nebus belum punya uang kontan…??? tapi harus bayar pajak + ganti plat?? sarannya dong gan …?

  122. GAN, ANE BARU BELI MOTOR PLAT B tapi pajak telat 6 tahun, dan sudah saat ganti plat 5 tahun,
    posisi saya domisili di semarang, apa bisa ngurus itu supaya pajak hidup tanpa mutasi ?

  123. gan mau nanya ,
    plat motor saya kan 08.16 (agustus 16) cuman mau bayarnya di bulan 09 (september ini) kira” bisa ga ya gan ?
    kalo emang bisa di dendanya berapa ??? mohon pencerahannya gan soalnya saya masih awam banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s